Dua Hari Berlatih Keras, Siswa Muwr1 Raih Juara Cipta dan Baca Puisi Se-Kabupaten Gresik

Fina Syifaussita sang Juara III (Miftah for PWMU.CO)
PWMU.CO – Siswi Kelas V SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Gresik, Fina Syifaussita, berhasil menyabet Juara III Lomba Cipta dan Baca Puisi Jenjang SD/MI dalam Pekan Seni Pelajar  2018 Kabupaten Gresik, Senin (3/9/18).
Selain Fina—sapaanya, di lomba itu sekolah berjulukan SD Muwr1 juga mengirim Aura Feantina Salsabilah. “Tapi baru Fina yang meraih juara,” ujar Miftakhul Muzdalifah SPd, guru kelas V dan pelatih Lomba Cipta dan Baca Puisi SD Muwr1.
Kepada PWMU.CO, Miftah menyampaikan bagaimana perjuangan siswanya itu merebut prestasi. “Sebelumnya mereka mengikuti proses seleksi di sekolah Kamis (30/8/18), Technical Meeting Jumat, dan Senin adalah hari H lomba,” ungkapnya.
Persiapan anak-anak, lanjutnya, hanya dua hari yaitu hari Sabtu dan Ahad. “Intensifikasi bimbingan hanya pada hari Sabtu dan Ahad,” cerita Miftah.
Selama dua hari, Miftah melatih mereka membuat puisi di rumah lalu dibawa ke sekolah. Dia menyampaikan, hari Sabtu yang biasanya pulang pukul 09.40 namun haru itu diperpanjang sampai Duhur.
“Hari Ahad ketika liburan, saya suruh ke sekolah jam 11 sampai jam 13.00. Saya minta untuk memperbaiki berkali-kali puisi yang telah dibuat dan alhamdulillah akhirnya bisa selesai,” jelas Miftah.
Itu pun, ujarnya, karena waktu bimbingan di sekolah kurang, puisi yang hendak dikumpulkan ke panitia, saya minta ditulis sendiri di rumah. “Mereka hanya saya beri bekal dua lembar kertas A4,” terangnya.
Fina Syifaussita (kiri) bersama Juara I dan II. (Miftah for PWMU.CO)
Dia menjelaskan, untuk Lomba Cipta dan Baca Puisi penilaian diutamakan orisinalitas alias keasliannya.
“Panitia meminta dua puisi. Satu puisi bertema ‘Cita-citaku’ yang dibuat sendiri di rumah dan dikumpulkan saat lomba. Kemudian puisi kedua temanya tidak diberitahukan juri. Dan inilah yang harus ditulis oleh peserta lomba selama durasi 45 menit,” cerita Miftah.
“Setelah dibuat, puisi dikumpulkan dan peserta harus membacakannya di tempat lomba dihadapan juri,” tambahnya.
Miftah mengatakan, untuk menjaga kenetralan semua juri berasal dari Surabaya. “Dalam juknis (petunjuk teknis) juga disebutkan agar tidak memakai seragam sekolah”.
“Saat dinyatakan menang ya tentu bersyukur dan senang mengingat persiapannya yang saya rasa kurang maksimal. Saya tidak menduga akan menang, alhamdulillah,” kata Miftah berseri-seri.
Sebenarnya ada tiga lomba yang diadakan hari itu di Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Jalan Arif Rahman Hakim No 2 Gresik, yaitu Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Lukis, dan Lomba Patung. Untuk Lomba Lukis Kecamatan Wringinanom diwakili SD Muwr1 dan SDN Lebaniwaras.
Adapun pemenang lomba Cipta dan Baca Puisi Jenjang SD/MI dalam Pekan Seni Pelajar Kabupaten Gresik tahun 2018-2019 adalah sebagai berikut :
Juara I  SDN Sukorame Gresik
Juara II SDN Bambe Gresik
Juara III SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Gresik I

Selamat semoga tetap semangat dan rendah hati! (Kiki Cahya Muslimah)

Comments