Siswa SMPM 12 GKB Raih The Best Speaker dalam Lomba Debat Bahasa Inggris

Muhammah Fadel Thoriq, Rahmadanty Azizah Saputra, dan Yoraisa Ghany (pegang piala) didampingi guru pembimbing. (Ichwan Arif/PWMU.CO)
PWMU.CO – Prestasi membanggakan diraih SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik dalam ajang Pelatihan dan Lomba Debat Bahasa Inggris Jengang SMP/MTs yang dihelat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gresik, Rabu (15/8/18).
Pada kegiatan tahunan yang kali ini diikuti 23 tim tersebut, tim SMPM 12 GKB yang terdiri dari Muhammah Fadel Thoriq, Rahmadanty Azizah Saputra, dan Yoraisa Ghany berhasil dinobatkan sebagai The Best Speaker.
Lomba ini dibagi menjasi tiga sesi, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final. Dalam tiap sesi, setiap tim yang terdiri dari tiga siswa harus melawan satu tim dari sekolah lain dengan tema beragam. Mulai soal full day school, seragam sekolah, pemimpin perempuan, ekonomi, hingga sosial media.
“Syukur alhamdulillah, usaha kami bisa berbuah manis sebagai The Best Speaker,” ujar Yoraisa Ghany, siswa kelas IX, ketika diwawancari PWMU.CO, Kamis (16/8/18).
Menurutnya, debat yang paling seru adalah ketika membahas tema full day school. “Karena sekolah kami sudah menjalankan sehingga lebih mudah dalam memberikan argumen beserta alasan, mengapa program ini penting dalam pembelajaran karakter,” ungkapnya.
Hal senada juga disampaikan Muhammad Fadel Thoriq. Siswa paling muda ini menjelaskan, dalam debat timnya memberikan argumen dan alasan yang logis serta tepat sesuai dengan tema.
“Ketika kami membahas tema media sosial, argumen kami harus cakup sisi positif dan negatif. Selain itu harus ada alasan yang tepat sesuai sasaran,” urainya.
Dia menjelaskan, kiat sukses lainnya adalah berhasil memadukan pada tiga hal dalam setiap membahas tema. “Yaitu komunikasi, argementasi, dan alasan,” ujar siswa yang hobi membaca ini.
Sementara itu, Fitriatus Sa’diah, guru pendamping, yang dihubungi secara terpisah, menjelaskan bahwa kekuatan debat tim SMPM 12 GKB ada pada komunikasi bahasa Inggris, pendapat, dan alasan yang disampaikan tiap sesi sesuai tema.

“Anak-anak memiliki keunggulan tiga hal tersebut sehingga layak bila meraih The Best Speaker.” (Ichwan Arif)

Comments